Lanjut ke konten

PAHALA YANG TAK PERNAH PUTUS

Juni 7, 2015

MUQODDIMAH

Sabda Rasulullah saw

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَرْبَعٌ تَجْرِي عَلَيْهِمْ أُجُورُهُمْ بَعْدَ الْمَوْتِ رَجُلٌ مَاتَ مُرَابِطًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَرَجُلٌ عَلَّمَ عِلْمًا فَأَجْرُهُ يَجْرِي عَلَيْهِ مَا عَمِلَ بِهِ وَرَجُلٌ أَجْرَى صَدَقَةً فَأَجْرُهَا يَجْرِي عَلَيْهِ مَا جَرَتْ عَلَيْهِ وَرَجُلٌ تَرَكَ وَلَدًا صَالِحًا يَدْعُو لَهُ =رواه احمد والطبراني=

Dari Abu Umamah Al Bahili ra, berkata; Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: ” Empat hal yang pahalanya terus mengalir untuk mereka setelah mati; orang menjaga perbatasan (musuh) saat perang di jalan Allah, orang yang mengajarkan ilmu, pahalanya mengalir untuknya selama diamalkan, seseorang memberikan sedekah, ia mendapatkan pahalanya yang terus mengalir dan seseorang meninggalkan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Ahmad danThabrani).

PENJELASAN HADITS.

رَجُلٌ مَاتَ مُرَابِطًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Pertama: Mati Dalam Ribath.

Ribath adalah berjaga-jaga di daerah perbatasan musuh. Mati dalam ribath adalah mati saat seseorang giliran jaga diwilayah perbatasan musuh. Tentu berjaga-jaga ini ada apabila keadaan suatu negeri dalam perang. Namun di negeri-negeri muslim yang dalam kedaan aman (tidak perang), apakah ada cara untuk mendapatkan pahala ribath ini. Sabda Rasulullah saw.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللَّهُ بِهِ الْخَطَايَا وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ فَذَلِكُمْ الرِّبَاطُ

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: “Maukah kalian untuk aku tunjukkan atas sesuatu yang dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat?” Mereka menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Menyempurnakan wudlu pada sesuatu yang dibenci (seperti keadaan yang sangat dingin pent), banyak berjalan ke masjid, dan menunggu satu shalat setelah shalat. Maka itulah ribath.” (HR. Muslim).

وَرَجُلٌ عَلَّمَ عِلْمًا فَأَجْرُهُ يَجْرِي عَلَيْهِ مَا عَمِلَ بِهِ

Kedua: Orang Yang Mengajarkan Ilmunya.

Orang yang mengajarkan ilmu memiliki keutamaan sebagaimana yang Rasulullah saw sampaikan diatas. Tentu yang mengajarkan ilmu harus memiliki ilmunya. Sedangkan orang yang mau memiliki ilmu itu adalah orang yang mau mempelajarinya. Orang baru mau mencari ilmu saja dalam Islam sudah memiliki keutamaan, apalagi orang yang mengajarkan ilmunya. Sabda Rasulullah saw.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Tirmidzi).

عَنْ قَيْسِ بْنِ كَثِيرٍ قَالَ قَدِمَ رَجُلٌ مِنْ الْمَدِينَةِ عَلَى أَبِي الدَّرْدَاءِ وَهُوَ بِدِمَشْقَ فَقَالَ مَا أَقْدَمَكَ يَا أَخِي فَقَالَ حَدِيثٌ بَلَغَنِي أَنَّكَ تُحَدِّثُهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَمَا جِئْتَ لِحَاجَةٍ قَالَ لَا قَالَ أَمَا قَدِمْتَ لِتِجَارَةٍ قَالَ لَا قَالَ مَا جِئْتُ إِلَّا فِي طَلَبِ هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَبْتَغِي فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضَاءً لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانُ فِي الْمَاءِ وَفَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Dari Qais bin Katsir ra, ia berkata; Seseorang dari Madinah mendatangi Abu Darda` di Damaskus, Abu Darda` bertanya; “Apa yang membuatmu datang kemari wahai saudaraku?” Orang itu menjawab: “Satu hadits yang telah sampai kepadaku bahwa anda menceritakannya dari Rasulullah saw. Abu Darda` bertanya; “Apakah engkau juga datang karena keperluan lain?” Orang itu menjawab; “Tidak.” Abu Darda` bertanya; “Apakah engkau datang untuk berniaga?” Orang itu menjawab: “Tidak”. Aku datang hanya untuk mencari hadits tersebut.” Abu Darda` berkata; “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa menempuh satu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan menuntunnya menuju surga dan para malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya karena senang kepada pencari ilmu, sesungguhnya orang berilmu itu akan dimintakan ampunan oleh (makhluq) yang berada di langit dan di bumi hingga ikan di air, keutamaan orang yang berlilmu atas ahli ibadah laksana keutamaan bulan atas seluruh bintang, sesungguhnya ulama adalah pewaris pada nabi dan sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanya mewariskan ilmu, maka siapa yang mengambilnya berarti ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan mengajarkan ilmu.

Sabda Rasulullah saw.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا =رواه مسلم=

Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw telah bersabda: “Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim).

وَرَجُلٌ أَجْرَى صَدَقَةً فَأَجْرُهَا يَجْرِي عَلَيْهِ مَا جَرَتْ عَلَيْهِ

Ketiga: Orang Yang Bersedekah.

Sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya senantiasa mengalir sekalipun yang bersedekah telah meninggal dunia. Keutamaan bersedekah dari dunia sampai akhirat.

Pahalanya yang berlipat ganda.

Firman Allah swt.

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al Baqarah 2: 245).

Penghapus kesalahan.

Sabda Rasulullah saw dar Jabir bin Abdillah ra.

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ =رواه احمد=

… sedekah adalah penghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api… (HR. Ahmad).

Pemadam panas dalam kubur.

Sabda Rasulullah saw

عَنْ عُقْبَةَ بن عَامِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِيءُ عَنْ أَهْلِهَا حَرَّ الْقُبُورِ… =رواه الطبراني=

Dari Uqbah bin Amir ra, berkata: Bersabda Rasulullah saw: Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panasnya kubur bagi penghuninya. (HR. Thabrani).

Pelindung panas di mahsyar.

Sabda Rasulullah saw.

عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ =رواه احمد=

Dari Uqbah bin Amir ra, berkata, “Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya hingga perkara di antara manusia diputuskan. (HR. Ahmad).

Jadi istana di surga.

Sabda Rasulullah saw.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ بَنَى لِلَّهِ مَسْجِدًا وَلَوْ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ لِبَيْضِهَا بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ =رواه احمد=

Dari Ibnu ‘Abbas dari Nabi saw, bahwa beliau bersabda: “Barangsiapa membangun masjid karena Allah sekalipun sebesar sangkar burung untuk tempat telurnya, niscaya Allah akan membangun istana baginya di surga.” (HR. Ahmad).

وَرَجُلٌ تَرَكَ وَلَدًا صَالِحًا يَدْعُو لَهُ

Keempat: Orang Yang Maninggalkan Anak Shaleh.

Anak shaleh adalah dambaan setiap orang. Persiapan dan keteladanan orang tua pada anak diperlukan. Sabda Rasulullah saw.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ كَمَثَلِ الْبَهِيمَةِ تُنْتَجُ الْبَهِيمَةَ هَلْ تَرَى فِيهَا جَدْعَاءَ =رواه البخاري=

Dari Abu Hurairah ra, berkata; Nabi saw bersabda: “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fithrah. Kemudian kedua orang tuanya yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nashrani atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?” (HR. Bukhari).

From → Hadits

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar